Cara Mudah Mencetak Adonan Bakso Menjadi Bulat Sempurna

cara mencetak bakso

Bakso merupakan olahan daging giling dengan tepung sebagai pengikat dan bumbu rempah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan kedai bakso di setiap sudut kota. Bahkan setiap daerah memiliki resep bakso khasnya masing-masing. Beberapa yang paling populer yaitu bakso Wonogiri dan bakso Malang. Selain rasanya yang nikmat, yang menjadi daya tarik dari bakso ini adalah bentuknya yang ikonik, ya bulat! Meski saat ini mulai banyak kreasi bentuk bakso lain seperti halnya bakso tumpeng/ kerucut, oval, bakso hati, bakso barbel, dan lain sebagainya. Namun, bentuk bulat bakso tampaknya tidak akan tergantikan. 

Untuk membuat bulat bakso sendiri terbilang gampang-gampang susah. Meski terlihat sepele, faktanya bagi sebagian orang membuat bulatan bakso bukanlah pekerjaan mudah. Diperlukan keterampilan dan keahlian khusus untuk membentuk adonan menjadi bulat sempurna. Jika tidak mahir, alhasil bentuk bakso tidak rapi/ tidak proporsional sehingga tampilannya menjadi tidak cantik dan justru bisa menurunkan selera makan. Nah, untuk itu  berikut kami berikan beberapa cara dan tips membuat bulatan bakso

Bentuk dengan kepalan tangan

Yang pertama anda bisa gunakan metode kepalan tangan. Caranya, basahi tangan dengan air dingin, ambil adonan bakso dan letakkan di tengah telapak tangan. Setelah itu, remas adonan bakso tersebut dengan mengepalkan tangan hingga adonan keluar dalam bentuk bulatan melalui celah antara ibu jari dan telunjuk. Ambil adonan yang keluar tersebut dengan sendok dan rapikan bulatannya.

Gunakan 2 sendok

Cara kedua yaitu menggunakan 2 sendok makan. Basahi terlebih dahulu kedua sendok makan tersebut dengan air dingin. Lalu, gunakan sendok ke-1 untuk mengambil adonan bakso dan sendok ke-2 untuk membantu membulatkan adonan bakso. Pindahkan atau bolak-balikkan adonan dari sendok 1 ke sendok 2 secara bergantian hingga terbentuk bulatan bakso.

Gunakan sendok es krim

Alternatif lain bisa menggunakan bantuan sendok es krim, teknisnya cukup mudah. Anda hanya tinggal mengambil adonan bakso dengan sendok es krim lalu memutar-mutarnya hingga bola/ bulatan bakso terbentuk.

Metode diatas merupakan cara tradisional dan sederhana yang sebenarnya hanya cocok diterapkan pada pembuatan bakso skala rumah tangga. Jika untuk kebutuhan usaha/ industri tentu sangat tidak efektif dan efisien. Karena akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk mencetak puluhan pentol bakso. Terlebih, hasil bulatan tidak terjamin sama karena masih sangat dipengaruhi oleh skill dan ketekunan masing-masing.

Gunakan mesin cetak bakso untuk hasil bulatan sempurna secara mudah dan cepat

Solusi ampuh pencetakan adonan bakso menjadi bulatan bakso sempurna adalah menggunakan mesin pencetak bakso produksi Futake. Mesin ini sangat handal untuk membantu anda memperoleh bulatan bakso dengan ukuran yang konsisten dan rapi dengan waktu yang singkat. Dalam satu menitnya, mesin mampu mencetak bakso hingga 230 butir dengan hanya membutuhkan 1 sampai 2 orang saja. Dari segi kualitas material juga tidak perlu diragukan. Karena mesin terbuat dari bahan logam cor yang tebal, kokoh, dan sangat awet. 

Apabila anda berminat, segera hubungi kontak kami di 0822-2999-2299. Harga mesin cetak bakso kami relatif terjangkau dan sepadan dengan performa jangka panjang. Dengan memiliki mesin ini, selain digunakan untuk bisnis sendiri, anda juga dapat membuka usaha jasa pembuatan bakso yang potensi keuntungannya juga cukup menggiurkan. 

Share it!

Artikel

Comments are disabled.