Tips Memilih Mesin Bakso yang Tepat Guna

Tips Memilih Mesin Bakso yang Tepat

Mesin bakso merupakan mesin yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan pembuatan bakso. Baik itu ketika mulai proses awal penggilingan daging, pembuatan adonan, maupun pencetakan adonan menjadi bulatan bakso. Mesin bakso ini kini terus diminati, karena terbukti dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap efektivitas waktu dan tenaga dalam proses pembuatan bakso. Serta mampu membantu menghasilkan bakso secara maksimal.

Dengan kebermanfaatannya tersebut, keberadaan mesin bakso menjadi cukup krusial bagi para pengusaha bakso. Maka dari itu, jika anda ingin memiliki mesin bakso untuk menunjang operasional usaha bakso anda. Hendaknya anda harus cermat dan berhati-hati dalam menentukan pilihan mesin bakso yang sesuai. Untuk itu, berikut ini kami berikan tips-tips memilih mesin bakso yang tepat, agar nantinya mesin bakso pilihan anda dapat bekerja secara optimal dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Kenali kebutuhan penggunaan

Tips pertama adalah perhatikan mengenai jenis mesin bakso yang ingin anda gunakan. Karena pada umumnya terdapat 3 jenis mesin bakso yang beredar di pasaran. Yakni mesin penggiling daging yang berfungsi untuk membantu mencincang/ menggiling daging (meat grinder). Kemudian mesin untuk mengaduk adonan bakso (mixer). Serta mesin pencetak yang mampu untuk mencetak bulatan bakso dalam sekejap.

Pilih spesifikasi sesuai kebutuhan

Beberapa spesifikasi mesin bakso meliputi kapasitas proses per jam yang bisa dihasilkan oleh mesin, material pembuat mesin, dimensi, daya/ power yang dibutuhkan, dsb. Sesuaikan kapasitas produksi anda dengan kemampuan proses mesin bakso. Misalnya untuk industri bakso rumahan atau tingkat rendah hingga menengah mungkin cukup jika hanya menggunakan mesin penggiling daging dengan kapasitas proses sedang saja. Apabila anda memilih spesifikasi diatasnya, maka dirasa kurang ekonomis.

Begitupun juga dengan masalah power, sesuaikan daya listrik mesin tersebut dengan listrik yang anda miliki. Dengan begitu maka biaya pemakaian listrik anda tidak akan malah membengkak hingga dapat mempengaruhi biaya produksi anda.

Kenali teknologi yang digunakan

Selanjutnya anda perlu mengamati teknologi dan cara kerja mesin yang akan anda pilih. Apakah mesin itu menggunakan sistem kerja manual, semi otomatis, atau full otomatis. Hal ini penting diketahui, agar anda bisa memperhitungkan kebutuhan waktu dan tenaga, kemudahan penggunaan, dan kepraktisan ketika menggunakan mesin tersebut.

Jangan remehkan produk lokal

Selama ini beberapa jenis mesin pembuat bakso impor memang telah mendominasi pasaran Indonesia. Terlebih banyak juga yang telah berstandar internasional. Namun, saat ini mesin lokal juga telah berkembang. Dilihat dari sisi harganya mesin bakso lokal tentunya lebih terjangkau. Dari segi kualitas dan kinerjanya pun juga tak kalah bersaing malah bisa lebih unggul dengan mesin-mesin impor.

Pertimbangkan garansi

Hampir setiap pembeli tentu saja mengharapkan garansi pada setiap produk yang mereka beli. Benar bukan? Adanya garansi produk ini dapat memberikan kemudahan bagi anda jika suatu saat ada keluhan mengenai produk yang telah dibeli. Selain itu, ketika suatu perusahaan menawarkan kebijakan layanan garansi terhadap produknya. Maka perusahaan tersebut secara tersirat telah menunjukkan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kualitas produk yang dibuatnya. Jadi, pertimbangkan dahulu berapa lama dan kebijakan garansi apa saja yang bisa anda dapatkan ketika membeli sebuah mesin bakso.

Itulah beberapa tips yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih mesin bakso. Tidak bisa dipungkiri kini banyak sekali penjual mesin bakso yang beredar di pasaran. Baik itu produk impor maupun lokal hingga tak jarang malah membuat anda bingung untuk menyeleksi mana produk-produk mesin yang berkualitas mana mesin yang abal-abal.

Ada kabar baik! Kini anda tidak perlu kebingungan lagi dalam memilah dan memilih mesin bakso yang tepat. Karena kami, Futakebakso.com memberikan solusi terbaik dengan menyediakan produk mesin bakso buatan pabrik kami sendiri dengan kualitas yang tidak perlu anda ragukan lagi. 

Terlebih, kami juga menerima pembuatan secara custom, sehingga anda bisa memesan spesifikasi mesin yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini, konsultasikan kebutuhan anda dan dapatkan penawaran menarik mesin bakso terbaiknya!

 

Share it!

Artikel

Mesin Cetak Bakso

Comments are disabled.