Cara Merawat Mesin Bakso Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Mesin Bakso

Kehadiran mesin bakso di industri kuliner memiliki dampak yang sangat besar bagi produktivitas para pelaku usaha bakso. Dengannya, pengolahan bakso menjadi lebih praktis, mudah, hemat waktu dan tenaga serta hasilnya pun lebih maksimal. Bagi anda para pengusaha kuliner yang memiliki mesin bakso, tentunya anda ingin bukan jika mesin andalan anda ini selalu higienis dan bisa digunakan dalam waktu yang lama? Untuk itu, anda perlu memperhatikan tips/ cara merawat mesin bakso berikut ini agar mesin tetap awet, kualitas terjaga dan selalu terlihat seperti baru

Siram atau rendam dengan air hangat

Setelah mesin digunakan, sangat dianjurkan untuk menyiram atau merendamnya menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar noda atau sisa-sisa daging yang menempel di mesin menjadi mudah terangkat dan dibersihkan.

Gunakan perasan lemon untuk menghilangkan noda

Buah lemon terkenal sangat ampuh digunakan untuk membersihkan berbagai komponen yang berbahan stainless steel dari noda yang membandel. Untuk itu, dianjurkan memakai air lemon yang telah dicampur dengan air hangat untuk menghilangkan noda pada mesin. Atau anda bisa juga membelah lemon, lalu gosokkan lemon tersebut ke permukaan mesin.

Cuci dan bilas peralatan mesin hingga bersih

Cuci mesin menggunakan air sabun dan pakailah sikat berbulu lembut untuk membersihkan sisa-sisa daging yang menempel pada bagian mesin. Pastikan juga tidak ada lagi sisa daging yang menempel. Terlebih pada bagian pisau penggilingnya. Karena apabila pisau kotor, maka akan dapat berpengaruh terhadap olahan daging yang digiling. Setelah itu, bilas mesin dengan air bersih sampai busa sabun hilang.

Keringkan dan simpan mesin dengan baik

Setelah mesin dibilas menggunakan air bersih. Lalu keringkan mesin hingga benar-benar kering. Untuk pengeringannya anda bisa gunakan lap halus atau kanebo. Bila perlu jemur atau angin-anginkan mesin tersebut agar lebih cepat keringnya. Jika sudah kering, kemudian simpan mesin bakso di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan hewan seperti kecoa, tikus, atau lainnya. Sangat dianjurkan pula untuk menutup mesin menggunakan kain untuk menghindari masuknya kotoran ke dalam mesin.

Itulah beberapa tips atau cara merawat mesin bakso yang layak anda coba. Cukup mudah bukan? Pada intinya, anda perlu membersihkan mesin dan komponen didalamnya secara rutin dan berkala agar performa mesin selalu maksimal ketika digunakan. Semoga bermanfaat.

Share it!

Artikel

Comments are disabled.